Peningkatan Kemampuan Guru SD Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Game Wortelmatika

Authors

  • Devi Nurjanah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Fuji Zanuari Astutik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rr. Rina Sulistyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

game, matematika, Literasi Numerasi

Abstract

Penelitian ini berfokus pada upaya meningkatkan kemampuan, wawasan dan pengetahuan guru-guru Sekolah Dasar dalam membuat media pembelajaran interaktif pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi kelas 1 Sekolah Dasar yang tergolong rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan naturalistik yang bersumber dari sekolah. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan penilaiannya termasuk kategori “Baik/Layak” dan Hasil uji kelayakan game wortelmatika memperoleh hasil yang termasuk kategori “Baik/Layak”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran melalui game wortelmatika sangat efektif dalam meningkatkan literasi numerasi pada siswa dan kegiatan ini telah menunjukkan peningkatan kemampuan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam pembuatan media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, diharapkan bagi tenaga pendidik di bidang matematika lebih kreatif dalam penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif berdasar pada kondisi zaman millennial sehingga dapat tercapainya tujuan peningkatan literasi numerasi.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022