Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Flashcard terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPS

Penulis

  • Hendika Whesli SD Negeri Jogoyitnan, Jawa Tengah
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Kata Kunci:

think pair share, berpikir kritis, IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Think Pair Share dibandingkan model Talking Stick terhadap keterampilan berpikir kritis IPS siswa kelas V SD Gugus WR Supratman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data akhir menggunakan uji t test dan uji n-gain. Hasil uji t-test menunjukkan nilai thitung 4,230 > ttabel 1,679 dengan taraf signifikansi 5% maka H0 ditolak berarti nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis posttest kelas eksperimen lebih besar kelas kontrol. Berdasarkan uji n-gain, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai n-gain kelas eksperimen 0.5859209 (sedang) dan kelas kontrol 0.2889908 (rendah). Simpulan dari penelitian ini bahwa model Think Pair Share lebih efektif dibanding model Talking Stick dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPS siswa kelas V SDN Gugus WR Supratman.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-26