Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas VI SD Negeri Karangwuluh

Penulis

  • Muhammad Zulfikar SD Negeri Karangwuluh
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), kewirausahaan

Abstrak

Kurikulum Merdeka memiliki keunggulan yang berfokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada fasenya. Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka diterapkan dengan adanya proyek salah satu temanya yakni kewirausahaan, dengan tujuan untuk melahirkan siswasiswi yang siap untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan data yang utama dilakukan dengan wawancara dan observasi sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan melakukan studi dokumentasi saat pelaksanaan P5 tema Kewirausahaan dan melakukan pencatatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Guru Kelas VI, dan beberapa siswa Kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kewirausahaan Kelas VI SD Negeri Karangwuluh dilaksanakan dengan baik dan memperoleh antusias yang tinggi dari siswa. Pelaksanaan P5 mampu meningkatkan jiwa wirausaha dan kerjasama antar siswa. Namun, pelaksanaan P5 perlu ditingkatkan terkait waktu pelaksanaannya agar lebih lama sehingga siswa bisa merasakan kegiatan berwirausaha lebih bermakna.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-27