Pengembangan Model Pembelajaran Ciri Ciri-Ciri Makhluk Hidup Menggunakan Inkuiri dan Discovery Berbantuan Media Video Animasi

Penulis

  • Sri Fajar Istriyanti SD Negeri Balekambang, Jawa Tengah
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Kata Kunci:

inkuiri, discovery, video animasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan model pembelajaran ciri ciri-ciri makhluk hidup di Kelas III SD Negeri Balekambang. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah memadukan Inkuiri dan Discovery berbantuan Video Animasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Balekambang pada Siswa Kelas III muatan pelajaran IPA materi Ciri-ciri makhluk hidup. Desain penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan rubrik. Populasi penelitian ini adalah seluruh Guru dan siswa Kelas III SD Negeri Balekambang Tahun Ajaran 20222023, dengan sampel penelitian 22 siswa Kelas III. Hasil Peneltian ini adalah Model Pembelajaran Ciri Ciri-ciri makhluk hidup Menggunakan Inkuiri dan Discovery berbantuan Video Animasi (1) mencapai tingkat kelayakan desain 98% dan kelayakan produk 98% dengan metode expert judgement, (2)  hasil observasi motivasi Sebanyak 10 kelas (67%) menyatakan sangat motivasi, sebanyak 2 kelas (13%) menyatakan motivasi, dan sisanya 3 kelas (20%) menyatakan cukup motivasi, (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang awalnya sebanyak 15 kelas (100%) tidak mencapai target menjadi sebanyak 12 siswa (80%) mencapai target pembelajaran. Kesimpulan bahwa Pengembangan Model pembelajaran Ciri-ciri makhluk hidup Menggunakan Inkuiri dan Discovery berbantuan Video Animasi dapat menyelesaikan perpenemuanan pembelajaran yang terjadi pada Kelas III SD Negeri Balekambang. 

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-27