Peningkatan Minat Belajar Melalui Model Role Playing Pada Siswa Kelas V

Penulis

  • Bayu Bumantara SD N Plampang, Kokap dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Riza Indah Pramesti SD N Banjarsari, Samigaluh dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Kata Kunci:

role playing, minat belajar, sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar menggunakan metode pembelajaran role playing (bermain peran) pada siswa kelas V SD N Plampang Kapanewon Kokap Kabupatrn Kulon Progo.

Jenis penelitian PTK ini dilakukan dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Plampang yang berjumlah 6 siswa. Adapun objek dalam penelitian ini adalah minat belajar. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SD N Plampang pada semester I tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian dkumpulkan dengan skala psikologi dan lembar observasi. Analisis data dilakukan pada setiap siklus. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing (bermain peran) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD N Plampang. Penggunaan metode role playing (bermain peran) yang dilakukan dengan baik dan benar dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-26