Pembelajaran Berdiferensiasi Solusi Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan cara perkembangbiakkan makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan melibatkan tiga unsur yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus dan di awali dengan prasiklus. Dalam siklus itu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Untuk analisis data digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VI SD Negeri Klegenwonosari Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 24 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 10 siswa (41,66 %), sedangkan siswa yang belum tuntas 14 siswa (58,34%), dengan nilai rata-rata 66,29. Setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 23 siswa (95,83%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 1 siswa (4,16%) dengan nilai rata-rata 88,87. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cara perkembangbiakkan makhluk hidup pada siswa kelas VI SD Negeri KlegenwonosariTahun Pelajaran 2022/2023.