Pembelajaran Berdiferensiasi Solusi Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakkan Makhluk Hidup

Penulis

  • Sunarsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata pelajaran IPA pokok bahasan cara perkembangbiakkan makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan melibatkan tiga unsur yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus dan di awali dengan prasiklus. Dalam siklus itu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Untuk analisis data digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VI SD Negeri Klegenwonosari Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 24 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang  tuntas  adalah  10  siswa  (41,66  %),  sedangkan  siswa  yang  belum  tuntas  14  siswa (58,34%), dengan nilai rata-rata  66,29. Setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 23 siswa (95,83%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 1  siswa (4,16%) dengan nilai rata-rata 88,87. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat  meningkatkan  hasil belajar  IPA materi cara perkembangbiakkan makhluk hidup  pada  siswa  kelas  VI SD Negeri KlegenwonosariTahun  Pelajaran 2022/2023.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-27