Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri Delegan 3 Melalui Metode Cooperatife Integrated Reading Composition (CIRC)

Penulis

  • Dyah Pratiwi Taqwia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia, Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode Cooperative IntegratedReading Composition,

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Delegan 3, dengan menggunakan metode CIRC. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Delegan 3 yang berjumlah23 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa dengan metode CIRC. PenelitianTindakan dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapanmetodeCIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data berupapengamatan, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptifkualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa wawancara, catatanlapangan, dan dokumentasi tugas siswa. Analisis kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperolehdari hasil tes membaca pemahaman siswa sebelum dan sesudah diberi tindakan. Hasil penelitian menunjukkanpenerapan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan dan proses belajar membaca pemahaman kelas III SD Negeri Delegan 3. Pada pelaksanaan tindakan siklus 1 dengan diberikannya reward bagi kelompok dengannilai terbaik, beberapa siswa sudah aktif dalam pembelajaran membaca pemahaman, akan tetapi masihadasiswa yang pasif sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus 2. Perbaikan dilakukan dengan menambahreward bagi tiga kelompok terbaik, sehingga dalam proses pembelajaran siswa lebih termotivasi danaktifSelain itu, guru juga membimbing siswa untuk melakukan peninjauan ulang terhadap hasil diskusi kelompoksebelum presentasi agar hasil diskusi lebih optimal. Dari perbaikan tindakan ini terjadilah peningkatanprosesyang dapat dilihat dari kondisi siswa yang lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan secaraprosesberdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal ini berdasarkan tes membaca pemahaman meningkat, terbukti dengan nilai rata-rata siswa pratindakan dengan pencapaian KKM 57,90%, pascatindakansiklusI
dengan pencapaian KKM 67,82% dan pascatindakan siklus 2 sebesar 80%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Taqwia, D. P. . (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri Delegan 3 Melalui Metode Cooperatife Integrated Reading Composition (CIRC). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 830–834. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1292