Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Papan Nilai Tempat Bilangan (NITEBI) Kelas IV A SD Model Sleman

Penulis

  • Ditya Yulika Kurnia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muhammad Irfan
  • Agustina Dwi Rahayu

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, Nilai Tempat Bilangan, Media Papan NITEBI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media Papan Nilai Tempat Bilangan (NITEBI) pada siswa kelas IV A SD Model Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Model Sleman Yogyakarta. Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media papan bilangan nilai tempat bilangan (NITEBI) pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SD Model Sleman Yogyakarta Saat belum diberikan tindakan, nilai pembelajaran matematika Papan Nilai Tempat Bilangan (NITEBI) pada siswa kelas IV A SD Model Sleman Yogyakarta hanya 8 (34,78%) siswa yang mencapai KKM. Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebanyak 16 (47,82%) siswa yang mencapai KKM sedangkan pada siklus II sebanyak 22 (82,60%) berhasil mencapai nilai ketuntasan. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 63,91 menjadi 85,39.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Cara Mengutip

Kurnia, D. Y., Irfan, M., & Rahayu, A. D. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Papan Nilai Tempat Bilangan (NITEBI) Kelas IV A SD Model Sleman. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 229–235. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1330