Meningkatan Keterampilan Membaca dan Memahami Bacaan Menggunakan Metode PQ4R Pada Siswa Kelas V SD N Delegan 3
METODE PQ4R
Kata Kunci:
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Metode PQ4R, Membaca dan Memahami.Abstrak
Pendidikan dapat dikatakan sebagai investasi jangka panjang untuk menjadikan sumber daya manusia yang menjadi penerus generasi selanjutnya. Keterampilan berbahasa sangat dibutuhkan bagi semua individu. Hal ini disebabkan keterampilan berbahasa merupakan model untuk mengembangkan kemampuan intelektual, sosial, dan karakter siswa. Bahasa adalah alat yang paling utama untuk melakukan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kualitas Keterampilan Membaca Dan Memahami Bacaan siswa, Untuk Meningkatkan keaktivan siswa dalam kualitas keterampilan membaca dan memahami bacaan, Untuk Mendeskripsikan dalam meningkatkan kualitas Keterampilan Membaca Dan Memahami Bacaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang sifatnya reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat pemahaman membaca siswa pada siklus I adalah 10%, pada siklus II, tingkat pemahaman membaca siswa pada pembelajaran pertama adalah 25% dan pada pembelajaran kedua adalah 100%. Hasilnya, kemahiran membaca pemahaman dari Siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan. Dengan demikian, target yang diinginkan tercapai dalam hal kesempurnaan pemahaman bacaan, karena pada akhir siklus II memperoleh nilai rata-rata 96,25 dengan tingkat ketuntasan 100%. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II dapat diketahui bahwa metode PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman dengan metode PQ4R pada siswa V SD N delegan 3.