Peningkatan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Kelas IV SD Negeri Bangunharjo

Penulis

  • Arif Nugroho Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Trisniawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

model pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), Kerjasama

Abstrak

Abstrak: Permasalahan kerjasama siswa dalam kegiatan pembelajaran seperti, dalam menyelesaikan tugas kelompok hanya diselesaikan oleh satu atau dua anggota kelompok, anggota kelompok yang lain bermain sendiri. Tidak terjadinya diskusi dalam menyelesaikan tugas kelompok. Belum tumbuhnya jiwa kompetitif dalam diri siswa dalam mengerjakan tugas supaya hasilnya lebih baik dari teman-temannya. Hal tersebut menunjukan bahawa kerjasama peserta didik belum sepenuhnya muncul dan peserta didik belum memahami pentingnya kerja sama dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam proses pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Jenis penelitian jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan kerjasama siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bangunharjo yang berjumlah 19 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah sikap kerjasama siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap satu siklus terdiri dari 2 kegiatan pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan angket kerjasama siswa pada siklus I dan siklus II diperoleh data rata-rata pada siklus I sebesar 2,91 dan pada siklus II sebesar 3,52. Hasil observasi kerjasama siswa pada siklus I dan siklus II diperoleh data rata-rata pada siklus I sebesar 2,94 dan pada siklus II sebesar 3,38. Dari hasil data yang telah diperoleh terdapat kenaikan pada siklus I menuju siklus II. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa dengan mengguakan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan kerjasama siswa SD kelas IV.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), Kerjasama

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Nugroho, A., & Trisniawati, T. (2023). Peningkatan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Kelas IV SD Negeri Bangunharjo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 443–450. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1587