Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Materi Bilangan Cacah dengan Media Papan Nilai Tempat

Penulis

  • Lintang Manik Manekatami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Mariah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sumartilah SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

hasil belajar, muatan matematika, media papan nilai tempat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui media pembelajaran papan nilai tempat pada pembelajaran matematika materi bilangan cacah ribuan siswa kelas III SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini yaitu, penggunaan media pembelajaran papan nilai tempat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N Surokarsan 2 pada muatan matematika materi bilangan cacah ribuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian semua siswa kelas III yang berjumlah 18 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Surokarsan 2 Yohyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menerapkan media pembelajaran papan nilai tempat, hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran matematika dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata- rata hasil belajar siswa yang meningkat setelah penerapan media papan nilai tempat.  Pada siklus I, rata- rata hasil belajar siswa masih dalam kategori rendah yaitu sebesar 50. Kemudian pada akhir siklus II, rata- rata hasil belajar siswa semakin meningkat menjadi 86,7 yang berarti sebanyak hasil belajar pada pembelajaran matematika materi bilangan cacah ribuan mengalami peningkatan yang signifikan. Serta setelah dilakukan uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan nilai tempat terhadap hasil belajar siswa, diperoleh nilai Sig.(2tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran papan nilai tempat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas III SD N Surokarsan 2 pada materi bilangan cacah ribuan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Lintang Manik Manekatami, Siti Mariah, S. M., & Sumartilah. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Materi Bilangan Cacah dengan Media Papan Nilai Tempat. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 451–455. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1622