Peningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik mata pelajar IPAS dengan Team Games Turnament pada kelas V SD Monggang Pundong

Penulis

  • Fendy Ramadhan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ermawati Ermawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Model pembelajaran saat ini sangatlah beragam. Dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, guru dapat memilih strategi dan model pembelajaran yang sesuai dan menarik bagi peserta didik. Model pembelajaran Team Game Tourmanet dapat dipilih guru sebagai strategi dalam merancang proses pembelajaran yang menarik dan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Pembelajaran menggunakan metode Team Game Tournament mengedepankan sikap keaktifan peserta didik didalam proses pembelajaran melalui kelompok-kelompok belajar kecil yang ditandingkan dengan kelompok lainnya di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar dengan model pembelajaran Team Game Tournament. Desain penelitian ini mengacu pada model Arikunto. Pelaksanaan penelitian Tindakan kelas dengan model ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas ebebrapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi (Jakin. 2017:23). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kualitatif. Berdasarkan hasil Tindakan yang dilakukan oleh peneliti bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah diberikan Tindakan yaitu menggunakan model TGT. Pada fase pra-tindakan mendapatkan skor 53,75% dengan kriteria “kurang”. Dari hasil tersebut masih belum sesuai dengan keinginan dari peneliti yaitu 80% dengan kriteria “Baik”. Pada siklus I peneliti memberikan Tindakan dengan menerapkan model pembelajaran TGT dengan menghasilkan data skor 70% dengan Kriteria “Cukup”. Akan tetapi pada siklus I masih belum sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh peneliti dan masih ada yang perlu diperbaiki. Pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I, mendapatkan hasil data skor 83% dengan kriteria “Baik”. Hasil tersebut sesuai dengan harapan peneliti yaitu 80% dengan kriteria “Baik’, berdasarkan hasil tersebut terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dan Penelitian Tindakan kelas dihentikan pada siklus II.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPAS, Model Team Game Tournament.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Fendy Ramadhan, & Ermawati, E. (2023). Peningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik mata pelajar IPAS dengan Team Games Turnament pada kelas V SD Monggang Pundong. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1134–1144. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1644