Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SDN Kanggotan
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Kanggotan Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul, keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap materi perkembangbiakan tumbuhan melalui model Project Based Learning pada siswa kelas IV SDN Kanggotan Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi emapat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kanggotan Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul yang berjumlah 21 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar aktivitas siswa. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata- rata. Dari hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 63% (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87% (baik sekali). Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas IV SDN Kanggotan Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.