Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Banioro Melalui Model PBL

Penulis

  • Alifah Susilowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Adi Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Khaerudin SD Negeri Banioro

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPAS materi tumbuhan siswa kelas V SD Negeri Banioro. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan MC Taggart meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini mencankup 2 siklus pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan sintaks pembelajaran: (1) orientasi peserta didik pada masalah; (2) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar; (3) Membimbing penyelidikan individu; (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Banioro, dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Objek pada penelitian ini  penelitian ini yaitu keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Banioro. Hasil dari pratindakan sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu 33,9 dengan presentase ketuntasan minimal yaitu 23,8%. Pada siklus I sudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mendapatkan nilai rata-rata total jumlah skor 65,2 dengan presentase ketuntasan minimal yaitu 52,3%. Nilai rata-rata pada siklus II yaitu mendapatkan nilai rata-rata total jumlah skor 85 dengan presentase ketuntasan minimal yaitu 80,9%.

Kata Kunci: keterampilan; berpikir kritis; Problem Based Learning; model pembelajaran; pembelajaran

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Susilowati, A., Widodo, S. A., & Khaerudin, K. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Banioro Melalui Model PBL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 70–76. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1667