Meningkatkan Hasil Belajar PPKn dengan Media Flashcard Model TGT di Kelas 2A SD Model

Penulis

  • Isnaini Latifah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muhammad Irfan
  • Agustina Dwi Rahayu

Kata Kunci:

Kata Kunci: Team Game Turnamen (TGT)_1; Flashcard_2; Hasil Belajar Siswa_3; PPKn_4

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilakukan atas dasar bebrapa masalah yaitu dalam proses pembelajaran di dalam kelas yang berpartisipasi aktif hanya ada beberapa siswa. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor antara lain: (1) Siswa sulit memahami konsep dari materi pembelajaran yang di sampaikan dengan ceramah, sehingga siswa akan merasa bosan. (2) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya menggunakan media PPT dan teks bacaan sehingga media tersebut mungkin kurang menarik dan kurang interaktif bagi siswa. Maka dari itu guru perlu menggunakan media interaktif salah satunya yaitu media pembelajaran flashcard.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik kelas II SD Model. Penelitian ini menggunakan metode Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus.

Setelah melaksanakan penelitian dan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa model time game tournament (TGT) dengan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik kelas II SD Model. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada tes prasiklus yaitu 57,8% yang masih masuk ke dalam kategori “sangat kurang”, Sedangkan nilai peserta didik yang mencapai KKM yakni hanya 11 peserta didik atau 39,28%. Nilai rata-rata peserta didik pada tes siklus I yaitu 66,7 yang juga masih masuk dalam kategori “kurang”, sedangkan nilai peserta didik yang mencapai KKM yakni sudah 16 orang peserta didik atau 57,14%. Dan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II yaitu 80 yang sudah masuk kategori “bagus”, sedangkan nilai peserta didik yang mencapai KKM yakni sudah 25 peserta didik atau 89,28%. Berarti selama proses pemberian tindakan selama dua siklus, peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 21,2%

Kata Kunci: Team Game Turnamen (TGT)_1; Flashcard_2; Hasil Belajar Siswa_3; PPKn_4

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-18

Cara Mengutip

Latifah, I., Irfan, M., & Dwi Rahayu, A. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn dengan Media Flashcard Model TGT di Kelas 2A SD Model. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 310–333. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1670