Penerapan Market Day Project dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Matematika Kelas VIB SDN Bakalan

Penulis

  • Faisal Amri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ayu Rahayu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dwi Paryanti SDN Bakalan, Bantul

Kata Kunci:

Partisipasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Market Day Project.

Abstrak

: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar melalui penerapan Market Day Project pada mata pelajaran Matematika kelas VI di SDN Bakalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIB SDN Bakalan yang berjumlah 28 siswa.. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Market Day Project dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan partisipasi belajar. Untuk perolehan skor Pada siklus I partisipasi bertanya memiliki nilai rata-rata 53,36%, partisipasi menjawab pertanyaan dari guru 50%. Partisipasi untuk mengerjakan tugas secara tuntas 56,25%, berdikusi sebesar 51,79%, mencatat penjelasan guru 54,46%, menyelesaikan soal di papan tulis 54,46%, mengerjakan tes secara individu sebesar 50%, dan meyimpulkan materi pelajaran sebesar 53,57%. Semua aspek dalam partisipasi belajar berada pada kategori baik pada pelaksanaan siklus I. Untuk siklus II partisipasi bertanya memiliki nilai rata-rata 73,21%, partisipasi menjawab pertanyaan dari guru 77,68%. Partisipasi untuk mengerjakan tugas secara tuntas 80,36%, berdikusi sebesar 80,95%, mencatat penjelasan guru 74,11%, menyelesaikan soal di papan tulis 74,11%, mengerjakan tes secara individu sebesar 75,89%, dan meyimpulkan materi pelajaran sebesar 75%. Semua aspek partisipasi belajar pada tahap siklus II meningkat, dan berada pada kategori sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Cara Mengutip

Amri, F., Rahayu, A. ., & Paryanti, D. (2024). Penerapan Market Day Project dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Matematika Kelas VIB SDN Bakalan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1265–1272. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1681