Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Problem Based Learning Dan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas III SDN Sokowaten Baru Tahun Ajaran 2023/2024

Penulis

  • Darul Nur Istiqomah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Agus Tri Handoko SDN Sokowaten Baru

Kata Kunci:

keterampilan berbicara, problem based learning, bermain peran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan problem based learning dan metode bermain peran pada siswa kelas III SD Sokowaten Baru tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom actionresearch) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III A SDN Sokowaten Baru Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, dan meningkat menjadi kriteria sangat baik pada pertemuan 2, pertemuan 3 dan pertemuan 4 juga mencapai kriteria sangat baik. Sementara itu, jumlah ketuntasan hasil tes keterampilan berbicara siswa secara klasikal pada pertemuan 1 mencapai 52,17%. Pada pertemuan 2 terjadi peningakatan yang signifikan hingga mencapai 73,91%, pada pertemuan 3 mencapai 78,26%, dan terus meningkat pada pertemuan 4 hingga mencapai 86,96% sehingga dapat disimpulkan bahwa problem based learning dan metode bermain mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Istiqomah, D. N., Fitrotun Nisa, A. ., & Handoko, A. T. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Problem Based Learning Dan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas III SDN Sokowaten Baru Tahun Ajaran 2023/2024. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 126–133. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1683