Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament(TGT) Untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta didik Kelas 3 SD Margorejo Tempel Sleman Yogyakarta

Penulis

  • Kartika Eka Nugraha Universitas Sarjanawiayata Tamansiswa
  • Chairiah
  • Utma Masniyati Sania

Kata Kunci:

karakter kerjasama siswa, Team Games Tournament (TGT)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan karakter kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas III SD Margorejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan skala penilaian diri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilalui, diantaranya: 1) presentasi di kelas, 2) tim, 3) game, 4) turnamen, dan 5) rekognisi tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan karakter kerjasama siswa kelas III SD Margorejo. Berdasarkan hasil kedua instrumen, pada tahap pra tindakan hanya diperoleh hasil sebesar 42,11%. Lalu, pada siklus I terjadi peningkatan, berdasarkan hasil observasi sebesar 60% yang didukung oleh hasil skala penilaian diri sebesar 63,2%. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan mencapai 80% berdasarkan hasil kedua instrumen. Dengan demikian pada siklus II karakter kerjasama siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu ≥75% dari jumlah keseluruhan siswa dengan capaian kategori kerjasama sangat tinggi.  

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Nugraha, K. E., Chairiah, & Sania, U. M. . (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament(TGT) Untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta didik Kelas 3 SD Margorejo Tempel Sleman Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 424–431. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1700