Peningkatan Motivasi Belajar Muatan Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi Bahasa Indonesia melalui model Problem Based Learning pada kelas V SD Negeri Jarakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Motivasi belajar siswa pada Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Jarakan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Indikator kinerja penelitian yaitu meningkatnya motivasi siswa mencapai 70% siswa mencapai kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada Bahasa Indonesia kelas V tahun ajaran 2022/2023 meningkat, hal ini tampak pada peningkatan skor motivasi prasiklus sebanyak 7 siswa atau 25%, siklus I ketuntasan skor motivasi sebanyak 14 siswa atau 50%, dan siklus II sebanyak 21 siswa atau 75%
Kata Kunci: bahasa Indonesia, motivasi, problem based learning