Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Metode Sariswara Kelas V SD Negeri 7 Kebumen

Penulis

  • Siti Laelatul Fadilah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Akbar Al Masjid Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Anastasia Krismiyati SD Negeri 7 Kebumen

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi hasil keaktifan pembelajaran peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas V sekolah dasar dengan pembelajaran project based learning berbasis metode sariswara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 7 Kebumen yang berjumlah 14 anak. Objek penelitian adalah keaktifan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian prasiklus rata-rata keaktifan peserta didik 45,71%. Pada siklus I rata-rata keaktifan peserta didik mencapai 59,81%, namun belum mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Pada siklus II rata-rata keaktifan peserta didik meningkat menjadi 85,7% dan mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Berdasarkan persentase yang dihasilkan pada siklus II dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning berbasis metode sariswara dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas V di SD Negeri 7 Kebumen.

Kata Kunci: project based learning; keaktifan; metode sariswara

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Fadilah, S. L. ., Akbar Al Masjid, & Anastasia Krismiyati. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Metode Sariswara Kelas V SD Negeri 7 Kebumen. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1095–1101. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1717