Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan PBL Mata Pelajaran PPKn Kelas IIIB

Penulis

  • Widya Ayuningtyas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Eni Suryati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Arti Lambang Garuda Pancasila, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstrak

Abstrak:

Motivasi belajar memiliki kaitan yang sangat erat dengan hasil belajar. Rendahnya motivasi belajar dapat mengakibatkan rendahnya keberhasilan siswa dalam belajar. Kurangnya motivasi belajar akan melemahkan hasil belajar sehingga proses pembelajaran akan terpengaruh. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Problem Based Learning, (2) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan Problem Based Learning, (3) untuk mengetahui kendala dan solusi yang dihadapi dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PPKn materi Arti Lambang Garuda Pancasila kelas IIIB SD Negeri Jarakan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IIIB SD Negeri Jarakan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan angket. Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi, observasi, dan dokumentasi. Validitas data diuji dengan validitas isi sumber dan teknik triangulasi. Teknik deskriptif komparatif dan model interaktif Miles Huberman digunakan sebagai teknik analisis data.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar PPKn. Hal ini terlihat dari 20 siswa yang mengikuti pembelajaran dari siklus I sampai siklus II hanya 2 siswa yang masih menunjukkan motivasi rendah. Selain itu, dari 20 siswa yang mengikuti pembelajaran dari Siklus I hingga Siklus II, hanya 3 siswa yang tidak mencapai ketuntasan KKM. Peningkatan hasil belajar ini ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I memiliki skor rata-rata 72,27 dan siklus II memiliki skor rata-rata 78,86.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Arti Lambang Garuda Pancasila, Model Pembelajaran Problem Based Learning

 

Abstract

Learning motivation is very closely related to learning outcomes. Low learning motivation can result in low student success in learning. Lack of motivation to learn will weaken learning outcomes so that the learning process will be affected. The objectives of this research are (1) to improve student learning outcomes through the application of Problem Based Learning, (2) to increase student learning motivation through the application of Problem Based Learning, (3) to determine the obstacles and solutions faced in improving learning outcomes and learning motivation students through the application of Problem Based Learning (PBL) in the PPKn subject material on the Meaning of the Garuda Pancasila Symbol for class IIIB at SD Negeri Jarakan

This type of research is collaborative classroom action research carried out in two cycles. The subjects of this research were 20 class IIIB students at Jarakan State Elementary School for the 2023/2024 academic year. Data collection techniques are carried out by observation, tests and questionnaires. Data collection tools use evaluation sheets, observation and documentation. Data validity was tested using source content validity and triangulation techniques. Comparative descriptive techniques and Miles Huberman's interactive model were used as data analysis techniques.

The research results concluded that Problem Based Learning can improve learning outcomes and motivation to learn PPKn. This can be seen from the 20 students who took part in learning from cycle I to cycle II, only 2 students still showed low motivation. Apart from that, of the 20 students who took part in learning from Cycle I to Cycle II, only 3 students did not complete the KKM. This increase in learning outcomes is shown by an increase in the average score of student learning outcomes, namely in cycle I it has an average score of 72.27 and cycle II has an average score of 78.86.

Keywords: Learning Outcomes, Learning Motivation, Meaning of the Garuda Pancasila Symbol, Problem Based Learning Model

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Widya Ayuningtyas, Taufiq, . I., & Suryati, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan PBL Mata Pelajaran PPKn Kelas IIIB. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 562–570. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1722