Peningkatan Prestasi Belajar IPAS Kelas IV Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri Corongan

Penulis

  • Sadina Ainin Nafi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh dimensi prestasi belajar yang masih kurang tergolong rendah dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Corongan. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran Perubahan Zat Wujud Benda Pada Topik A. BAB II semester 1 sesuai dengan capaian materi peserta didik. Subjek penelitiannya adalah kelas IV SD Negeri Corongan dengan jumlah 29 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis and Taggart. Proses penelitian yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pembelajaran atau dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik non tes dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan guru kelas. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar IPAS kelas IV yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri Corongan mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada data dipra siklus diperoleh rata-rata sebesar 65,5. Lalu pada siklus I mencapai 70,1, dan pada siklus II meningkat mencapai 75,8.

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Problem Based Learning (PBL).

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-06

Cara Mengutip

Nafi, S. A. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar IPAS Kelas IV Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri Corongan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 29–36. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1762