Pengaruh Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SD Pada Materi Jaring-Jaring Makanan

Penulis

  • Nurrochmawati Nurrochmawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Daimul Hasanah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Bermain peran, pemahaman siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan metode bermain peran pada siswa Kelas V SD Negeri Widoro Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Subjek yang diteliti adalah 13 siswa kelas V SD Negeri Widoro Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan analisis data hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran mata pelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman siswa. Peningkatan pemahaman siswa terlihat dari hasil belajar IPA pada materi jaring makanan setelah dilakukan tindakan pada tahap Pra Siklus = 60,77, Tahap Siklus I = 71,54, dan Tahap Siklus II = 80,77, (2) penerapan metode bermain peran juga dapat meningkatkan ketuntasan pembelajaran mata pelajaran IPA pada materi jaring-jaring makanan. Hal ini terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa sebagai berikut: pada tahap pra siklus = 30%, tahap siklus I = 46% dan pada tahap siklus II = 77%. Berdasarkan hasil belajar yang dicapai dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA pada materi jaring-jaring makanan pada siswa kelas V SD Negeri Widoro Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-28

Cara Mengutip

Nurrochmawati, N., & Hasanah, D. (2024). Pengaruh Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SD Pada Materi Jaring-Jaring Makanan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1416–1425. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1802