PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SDN 1 PACOR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Pacor Kutoarjo menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pacor Kutoarjo, yaitu terdiri dari 18 siswa. Objek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pacor pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa di siklus I diperoleh skor rata rata 3,47 dengan presentase keaktifan siswa yaitu 69%. Dengan demikian keaktifan siswa pada siklus I tergolong cukup aktif. Berdasarkan hasil observasi siklus II diperoleh skor rata-rata 4,13 dengan presentase keaktifan siswa yaitu 83%. Dengan demikian keaktifan siswa pada siklus II tergolong aktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pacor dengan peningkatan siklus I dan siklus II sebesar 14%.
Kata kunci: keaktifan belajar; model problem based learning; tematik