PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SDN 1 PACOR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Fatwa Rahmatin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widiarti SD Negeri 1 Pacor Purworejo Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Pacor Kutoarjo menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pacor Kutoarjo, yaitu terdiri dari 18 siswa. Objek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pacor pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa di siklus I diperoleh skor rata rata 3,47 dengan presentase keaktifan siswa yaitu 69%. Dengan demikian keaktifan siswa pada siklus I tergolong cukup aktif. Berdasarkan hasil observasi siklus II diperoleh skor rata-rata 4,13 dengan presentase keaktifan siswa yaitu 83%. Dengan demikian keaktifan siswa pada siklus II tergolong aktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pacor dengan peningkatan siklus I dan siklus II sebesar 14%.

Kata kunci: keaktifan belajar; model problem based learning; tematik

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Rahmatin, F., Zulfiati, H. M. ., & Widiarti, W. (2022). PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SDN 1 PACOR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TAHUN PELAJARAN 2021/2022. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/258