IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK KURIKULUM MERDEKA DI ABAD 21

Penulis

  • Dwi Nur Harmawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Heri Supriyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Welas Nugroho UST Yogyakarta
  • Yunarti Yunarti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Pembelajaran Abad 21, Kurikulum Merdeka, Model Pembelajaran

Abstrak

Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad 21 agar mampu mengikuti arus perkembangan teknologi terbaru.  Terutama pada ranah komunikasi yang telah masuk ke sendi kehidupan, maka dari itu siswa diharuskan untuk bisa menguasai empat keterampilan belajar (4C), yakni: creativity and innovationcritical thinking and problem solvingcommunication dan collaboration. Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang sekarang sudah memasuki abad 21  pemerintah mencetuskan kurikulum baru untuk menyikapi dan beradaptasi dengan abad sekarang. Kurikulum ini awalnya dikenal sebagai Kurikulum Prototipe atau kurikulum dengan Paradigma Baru. Hingga akhirnya Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi meluncurkan “Kurikulum Merdeka” sebagai cara untuk menanggulangi  krisis pembelajaran (learning loss). Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Harmawan, D. N. ., Supriyanto, H. ., Nugroho, W., & Yunarti, Y. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK KURIKULUM MERDEKA DI ABAD 21. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/289