PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Wikhi Retno Kinanthi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Mitta Purbosari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Astri Paramita 3SD Negeri Joho 01 Sukoharjo

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan minat belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada peserta didik kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Kwangsan dan (2) meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada peserta didik kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Kwangsan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II dengan jumlah 9 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes antar siklus dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Indikator keberhasilan kinerja yaitu (1) meningkatnya minat belajar peserta didik dengan persentase sebesar 70% dan (2) meningkatnya hasil belajar diatas nilai kriteria ketuntasan minimal ≥70  dengan ketuntasan minimal 70% peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat belajar pada siklus I meningkat dan pada siklus II meningkat menjadi 88,8%, dan (2) hasil belajar pada siklus I meningkat dan pada siklus II meningkat menjadi 88,8%.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Retno Kinanthi, W., Purbosari, M. ., & Astri Paramita, A. P. (2022). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/310