PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK

Penulis

  • Yuni Kartika Hermawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Paradika Angganing Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan hasil belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Balepanjang Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas IV SD Negeri 1 Balepanjang Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 8 siswa laki – laki dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif digunakan untuk menganalisis data - data tes. Hasil penelitian ini adalah bah: 1) melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 1

Balepanjang hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 64 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 73,5 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75. Ketuntasan belajar siswa kelas IV secara klasikal pada pra siklus 6 siswa atau 60% belum mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa atau 40% telah mencapai KKM yaitu 70. Pada siklus I, sebanyak 8 siswa atau 80% belum mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 2 siswa atau 20% telah mencapai KKM yaitu 70. Pada siklus II, sebanyak 2 siswa atau 20% belum mencapai KKM yang telah ditentukan, sedangkan 8 siswa atau 80% sudah memenuhi KKM.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based learning, Pembelajaran Daring, Tematik.

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Hermawati, Y. K., & Angganing , P. . (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/314