MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS

Penulis

  • Anjar Pujiastuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Mukti Widayati SD Negeri 2 Baturetno, Wonogiri, Indonesia
  • Astri

Kata Kunci:

peningkatan, motivasi, hasil belajar, snowball thrawing

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS dengan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas V SDN 2 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2021/ 2022. (b) mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas V SDN 2 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2021/ 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Baturetno sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan melalui model pembelajaran snowball throwing yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada muatan pelajaran IPS tema 7 KD 3.4  Mengidentifikasi faktor- faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. Ini dibuktikan hasil belajar siklus I meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 79,44 dan presentase ketuntasan 72%.  Siklus II meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 98,33 dan  presentase ketuntasan sebesar 85 %.

 

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Pujiastuti, A., Widayati, M. ., & Astri, A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/323