MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS
Kata Kunci:
peningkatan, motivasi, hasil belajar, snowball thrawingAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS dengan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas V SDN 2 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2021/ 2022. (b) mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas V SDN 2 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2021/ 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Baturetno sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan melalui model pembelajaran snowball throwing yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada muatan pelajaran IPS tema 7 KD 3.4 Mengidentifikasi faktor- faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. Ini dibuktikan hasil belajar siklus I meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 79,44 dan presentase ketuntasan 72%. Siklus II meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 98,33 dan presentase ketuntasan sebesar 85 %.