PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MELALUI MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 2 TINATAR

Penulis

  • Helmy Fiftario Bias Angela SD Negeri 2 Tinatar
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan
siswa kelas III melalui model pbl pada pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Tinatar,
2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III melalui model pbl pada
pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Tinatar. Hipotesis tindakan pada penilitian ini
adalah model pembelajaran pbl dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas III pada
pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Tinatar dan model pbl dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Tinatar. Jenis
penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas
ini dilaksanakan pada kelas III di SD Negeri 2 Tinatar dengan jumlah 15 siswa yang
terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar
observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model PBL
meningkatkan keaktifan siswa kelas III pada siklus I dengan persentase 58,41%
dan meningkat pada siklus II dengan persentase 81,08% dalam kategori sangat
baik dan mengalami peningkatan sebesar 22,67%. 2) Model PBL meningkatkan hasil
belajar siswa kelas III pada siklus I dalam kategori kurang dengan persentase 33,33%
dan meningkat pada siklus II dengan persentase 80% pada kategori baik dengan
peningkatan sebesar 46,67%.
Kata kunci: Keaktifan, Hasil Belajar, Model PBL, Pembelajaran Tematik.

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Angela, H. F. B. ., & Taufiq, I. . (2022). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MELALUI MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 2 TINATAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/366