PENGGUNAAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS

Penulis

  • Intan Kusumastuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Abdul Rahim Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sumarno Kristanto SD Negeri Priyan Bantul, Trirenggo, Indonesia

Kata Kunci:

Keaktifan Belajar, IPS, Model Problem Based Learning.

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Muatan IPS SD
Negeri Priyan Bantul” dilatar belakangi karena masih adanya permasalahan
pembelajaran IPS yang kurang diminati siswa, sehingga siswa kurang aktif dan hasil
belajar pun kurang maksimal. Pembelajaran tersebut guru masih menggunakan
metode konvensional yaitu ceramah. Hal ini dikarenakan masih kurangnya
keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke
waktu tidak berkembang. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis
dan Mc Taggart. Dengan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Priyan, tahun
pelajaran 2021/2022 berjumlah 21 siswa. Objek penelitian adalah aktifitas siswa. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning mengalami peningkatan. Hasil penelitian pra siklus rata-rata
keaktifan belajar peserta didik mencapai 43,75% pada siklus I rata-rata keaktifan belajar
peserta didik mencapai 50,62% belum mencapai indikator keberhasilan yang
diharapkan. Pada siklus II rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi
83,12% sudah mencapai indikator kebehasilan yang diharapkan yaitu 75%. Dari
persentase yang dihasilkan pada siklus II dapat diketahui bahwa penggunaan model
Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V SD
Negeri Priyan Bantul Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, IPS, Model Problem Based Learning

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Kusumastuti, I., Rahim, A. ., & Kristanto, S. (2022). PENGGUNAAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/372