PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN SISWA SMKN 2 DEPOK SLEMAN MELALUI PELATIHAN KEUANGAN PRIBADI
Kata Kunci:
literasi keuangan, pelatihan, keuangan pribadiAbstrak
Permasalahan yang terjadi dan menjadi prioritas pada program ini adalah (1) minimnya tingkat literasi keuangan pribadi (personal finance) siswa dan (2) tidak adanya pendidikan tentang keuangan pribadi. Adapun solusi yang ditawarkan adalah melalui pelatihan keuangan pribadi bagi siswa. Pelatihan ini ditargetkan akan meningkatkan pengetahuan siswa tentang pengelolaan keuangan pribadi. Metode yang digunakan melalui tiga tahap pelaksanaan kegiatan, yaitu persiapan, pelatihan keuangan pribadi bagi siswa, dan evaluasi pelatihan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di SMK N 2 Depok Sleman yang berlokasi di Jalan STM Pembangunan, Santren, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Hasil pelatihan ini terbukti secara empiris dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai pengelolaan keuangan pribadi. Kategori rendah, baik pada hasil pre-test maupun post-test, mengimplikasikan bahwa tindakan pelatihan masih harus diikuti dengan tindakan lainnya, seperti sharing session yang lebih intensif melalui media elektronik dan pembangunan sentra literasi keuangan pribadi.