Penggunaan Metode Ekspositori dan Teknologi untuk Meminimalkan Learning Loss dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Pangihutan Manik Pemakalah
  • Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro Universitas Pelita Harapan

Keywords:

Expository, Learning Loss, Technology, Maths

Abstract

Pandemi Covid-19 yang lalu menyebabkan hilangnya pembelajaran pada siswa. Learning loss merupakan fenomena menurunnya pengetahuan, menurunnya keterampilan, dan kesenjangan belajar. Learning loss juga ditemukan pada kelas XI yang penulis amati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana metode pembelajaran ekspositori berbantuan teknologi dapat membantu siswa yang mengalami learning loss pada matematika. Metode dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dan kesimpulan penulisan penelitian ini menunjukkan bahwa metode ekspositori berbantuan teknologi dapat membantu siswa yang mengalami learning loss pada matematika. Langkah-langkah metode ekspositori berbantuan teknologi adalah sebagai berikut; tahap penyiapan materi dan mempersiapkan siswa untuk siap menghadapi pelajaran; guru menyajikan materi yang telah disusun dengan bahasa yang mudah dipahami dalam bentuk Power Point yang interaktif; guru menjelaskan korelasi antara pelajaran dengan pengalaman siswa; guru menyimpulkan agar siswa dapat melihat inti materi yang diajarkan; dan apakah guru menerapkannya dengan memberikan masalah. Saran penulis, guru yang akan menerapkan metode pembelajaran ekspositori berbantuan teknologi perlu memastikan siswa menggunakan teknologi hanya untuk kegiatan pembelajaran.

References

Alonemarera. (2022). Dinamika pembelajaran masa pandemi covid-19: kekhawatiran learning loss pada siswa. JurnalPendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(6). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb

Amalia, R., Nurbayani, S., & Malihah, E. (2023). Inovasi pendidikan karakter dalam mengatasi learning loss pada masa transisi pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(1), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6038

Ayu, S., & Nurafni, N. (2022). Dinamika learning loss materi KPK dan FPB di masa kebiasaan baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 6097–6109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3158

Basar, A. M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., … Toharudin, T. (2021). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistik, 1–14. Retrieved from http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf

Darmawani, E. (2018). Metode ekspositori dalam pelaksanan bimbingan dan onseling klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2098

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2022). Learning loss during covid-19: an early systematic review. Prospects, 51(4), 601–609. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan dampak learning loss dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada sekolah menengah atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan metode kualitatif deskriptif untuk aplikasi pengolahan data pelanggan pada car wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Intarti, E. R. (2021). Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator. Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI, 4(1), 36–46. https://doi.org/http://repository.uki.ac.id/9518/1/PERANGURUPENDIDIKANAGAMAKRISTEN.pdf

Karso. (2019). Keteladalan guru dalam proses pendidikan di sekolah. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 382–397. https://doi.org/https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2549

Manik, M., & Sinaga, H. (2022). Upaya mengatasi learning loss selama pandemi covid-19 di daerah tertinggal. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(2), 197–208. https://doi.org/http://jurnal.unissula.ac.id/index.php.jpsa/index

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Muskita, N. S. (2022). Blended learning : solusi mengatasi learning loss. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 187–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i2.13368

Nababan, D. (2023). Analisis strategi pembelajaran ekspositori dengan strategi pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 88–100. https://doi.org/https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nugroho, D. Y., & Situmorang, K. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan: pengunaan fitur gamifikasi daring di YPK Penabur Bandarlampung. Prosiding PKM-CSR, 2, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.394

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Salsabila. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Jurnal Keislamandan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Septian, A. (2017). Penerapan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Suryakancana. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI(2), 180–191. https://doi.org/0.35194/jp.v6i2.212

Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2011). Hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran metode think-pair-share dan metode ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 244–249. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v2i1.1225

Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2011). Hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran metode think-pair-share dan metode ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 244–249. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v2i1.1225

Tika. (2018). Pengaruh metode ekspositori pada pembelajaran matematika dasar mahasiswa manajemen pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 51. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130

Tisa, K. (2022). Metode ekspositori : hasil belajar siswa meningkat pada materi persamaan garis lurus. Jurnan Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jp2m.v6i1.5073

Zul Hanifah, S., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta analisis: pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240

Published

2023-12-23