Penggunaan Metode Ekspositori dan Teknologi untuk Meminimalkan Learning Loss dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
Expository, Learning Loss, Technology, MathsAbstract
Pandemi Covid-19 yang lalu menyebabkan hilangnya pembelajaran pada siswa. Learning loss merupakan fenomena menurunnya pengetahuan, menurunnya keterampilan, dan kesenjangan belajar. Learning loss juga ditemukan pada kelas XI yang penulis amati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana metode pembelajaran ekspositori berbantuan teknologi dapat membantu siswa yang mengalami learning loss pada matematika. Metode dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dan kesimpulan penulisan penelitian ini menunjukkan bahwa metode ekspositori berbantuan teknologi dapat membantu siswa yang mengalami learning loss pada matematika. Langkah-langkah metode ekspositori berbantuan teknologi adalah sebagai berikut; tahap penyiapan materi dan mempersiapkan siswa untuk siap menghadapi pelajaran; guru menyajikan materi yang telah disusun dengan bahasa yang mudah dipahami dalam bentuk Power Point yang interaktif; guru menjelaskan korelasi antara pelajaran dengan pengalaman siswa; guru menyimpulkan agar siswa dapat melihat inti materi yang diajarkan; dan apakah guru menerapkannya dengan memberikan masalah. Saran penulis, guru yang akan menerapkan metode pembelajaran ekspositori berbantuan teknologi perlu memastikan siswa menggunakan teknologi hanya untuk kegiatan pembelajaran.
References
Alonemarera. (2022). Dinamika pembelajaran masa pandemi covid-19: kekhawatiran learning loss pada siswa. JurnalPendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(6). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb
Amalia, R., Nurbayani, S., & Malihah, E. (2023). Inovasi pendidikan karakter dalam mengatasi learning loss pada masa transisi pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(1), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6038
Ayu, S., & Nurafni, N. (2022). Dinamika learning loss materi KPK dan FPB di masa kebiasaan baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 6097–6109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3158
Basar, A. M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., … Toharudin, T. (2021). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistik, 1–14. Retrieved from http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf
Darmawani, E. (2018). Metode ekspositori dalam pelaksanan bimbingan dan onseling klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2098
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2022). Learning loss during covid-19: an early systematic review. Prospects, 51(4), 601–609. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6
Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan dampak learning loss dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada sekolah menengah atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan metode kualitatif deskriptif untuk aplikasi pengolahan data pelanggan pada car wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Intarti, E. R. (2021). Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator. Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI, 4(1), 36–46. https://doi.org/http://repository.uki.ac.id/9518/1/PERANGURUPENDIDIKANAGAMAKRISTEN.pdf
Karso. (2019). Keteladalan guru dalam proses pendidikan di sekolah. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 382–397. https://doi.org/https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2549
Manik, M., & Sinaga, H. (2022). Upaya mengatasi learning loss selama pandemi covid-19 di daerah tertinggal. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(2), 197–208. https://doi.org/http://jurnal.unissula.ac.id/index.php.jpsa/index
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Muskita, N. S. (2022). Blended learning : solusi mengatasi learning loss. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 187–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i2.13368
Nababan, D. (2023). Analisis strategi pembelajaran ekspositori dengan strategi pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 88–100. https://doi.org/https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nugroho, D. Y., & Situmorang, K. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan: pengunaan fitur gamifikasi daring di YPK Penabur Bandarlampung. Prosiding PKM-CSR, 2, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.394
Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371
Salsabila. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Jurnal Keislamandan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Septian, A. (2017). Penerapan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Suryakancana. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI(2), 180–191. https://doi.org/0.35194/jp.v6i2.212
Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2011). Hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran metode think-pair-share dan metode ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 244–249. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v2i1.1225
Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2011). Hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran metode think-pair-share dan metode ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 244–249. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v2i1.1225
Tika. (2018). Pengaruh metode ekspositori pada pembelajaran matematika dasar mahasiswa manajemen pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 51. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130
Tisa, K. (2022). Metode ekspositori : hasil belajar siswa meningkat pada materi persamaan garis lurus. Jurnan Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jp2m.v6i1.5073
Zul Hanifah, S., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta analisis: pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pangihutan Manik, Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.