Meningkatkan keefektifan pembelajaran bahasa Inggris di kelas X di SMK Perindustrian Yogyakarta

Authors

  • Ike Zakiah Munifah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.36597/heal.v1i1.1473

Keywords:

Meningkatkan, Keefektifan, Pembelajaran, Bahasa Inggris di Kelas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas pembelajaran Bahasa Inggris di SMK Perindutrian Yogyakarta pada kelas X dan usaha guru untuk meningkatkannya. Dengan berbagai factor yang mempengaruhi dan beberapa metode yang guru gunakan untuk memotivasi dan meningkatkan kegiatan belajar mengajar di kelas. Melalui metode penelitian observasi lapangan kemudian dideskripsikan dalam hasil dan pembahasan, dan wawancara singkat terhadap siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa: Guru sebelumnya kurang memotivasi siswa untuk belajar. Guru sebelumnya kurang variative dalam menyajikan materi atau media pembelajaran. Sehingga siswa menjadi tidak tertarik pada pelajaran Bahasa Inggris. Siswa mengoperasikan smartphone di kelas. Siswa merasa bahwa Bahasa Inggris bukanlah bahasa mereka, sehingga bagi mereka tidaklah penting untuk dipelajari, oleh sebab itu siswa membutuhkan suasana atau kegiatan belajar yang terbaru atau inovasi baru seperti yang dilakukan oleh guru kemudian. Sehingga kemudian siswa dapat mengikuti kegiatan belajar di kelas dengan lebih efektif dan lebih baik dari sebelumnya.

 

Increasing the effectiveness of English learning in the classroom at SMK Perindustrian Yogyakarta Grade X

 

Abstract: The aim of this study is to find out how effective the learning of English at Yogyakarta Perindustrian SMK is in class X and the efforts of teachers to improve it. Various influencing factors and some methods that teachers use to motivate and enhance teaching-learning activities in the classroom. Through the field observation research methods then described in the outcome and discussion, and brief interviews of students. The researchers concluded that: Previous teachers lacked motivation for students to learn. Previous teachers were less varied in presenting material or learning media. So, students become uninterested in English lessons. Students operate smartphones in the classroom. Students feel that English is not their language, so for them, it is not important to learn, therefore students need the latest learning atmosphere or activity or new innovations as did the teacher later. So, then students can follow the learning activities in the classroom more effectively and better than ever before.

Author Biography

Ike Zakiah Munifah, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

References

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., Priatna, D. C., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pembelajaran bahasa inggris melalui media game pada panti asuhan al maun di desa ngajum. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 1725–1739.

Jumasa, M. A., & Surjono, H. D. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PEMBELAJARAN TEKS RECOUNT DI MTsN II YOGYAKARTA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 25. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287

Maria Dimova, C., & Stirk, P. M. R. (2019). 済無No Title No Title No Title. 2000, 9–25.

Maru’ao, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Ilmu Pendidikan, 14(April), 221–230.

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246

Meinawati, E., & Baron, R. (2019). Media Sosial Dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Penggunaan Facebook Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 34–51. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.679

Nappu, S. (2014). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa melalui pembelajaran berbantuan komputer. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(3), 145–156. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v16i3.5411

Nasution, A., Siddik, M., Manurung, N., & Royal, S. (2021). Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Science and Social Research, 4307(1), 1–5.

Ni Made Lisma Martarini, Kadek Ayu Riska Yulianti, & Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha. (2021). Media Sosial Dan Pembelajaran: Study Efektifitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 375–382. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1227

Novantara, P. (2017). Implementasi Dan Efektifitas Mobile Learning Dengan Menggunakan Metode Synchronous Dan Asynchronous Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Universitas Kuningan Berbasis Android. Buffer Informatika, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.25134/buffer.v3i1.932

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503

Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292

Simanjuntak, M. B., Lustyantie, N., & Iskandar, I. (2022). Pembelajaran Berbasis Telegram Group dan Microsoft Team di Kelas Bahasa Inggris (Penilaian berbasis Persepsi Siswa). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11114–11119.

SUHARDIANA, I. P. A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.934

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.

Downloads

Published

16-01-2024

How to Cite

Munifah, I. Z. (2024). Meningkatkan keefektifan pembelajaran bahasa Inggris di kelas X di SMK Perindustrian Yogyakarta. Humanities, Education, Applied Linguistics, and Language Teaching: Conference Series, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.36597/heal.v1i1.1473

Issue

Section

##section.default.title##