Peningkatan Minat Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas III SDN Jurugentong

Penulis

  • Afina Fryda Heningtyas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Annis Deshinta
  • Muhammad Mutaqin

Kata Kunci:

minat belajar, model pembelajaran, pembelajaran PPKn, problem based learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pembelajaran PPKn siswa kelas III SD Negeri Jurugentong. Hipotesis penelitian ini yaitu, penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan minat belajar pada pembelajaran PPKn siswa kelas III SD N Jurugentong. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian semua siswa kelas IIIB yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat belajar siswa kelas IIIB SD Negeri Jurugentong. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL), minat belajar siswa kelas IIIB pada pembelajaran PPKn dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase minat belajar siswa yang mencapai lebih dari 75%. Sebelum dilakukan tindakan, persentase minat belajar siswa masih dalam kategori rendah yaitu sebesar 26.08%. Setelah dilakukan tindakan siklus I, persentase minat belajar meningkat menjadi 52.17% atau memiliki kategori sedang. Pada akhir siklus II, persentase minat belajar siswa semakin meningkat menjadi 82.60% yang berarti sebanyak 82.60% siswa memiliki minat belajar tinggi pada pembelajaran PPKn. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan minat belajar pada pembelajaran PPKn siswa kelas III SD N Jurugentong

Unduhan

Diterbitkan

2013-11-06

Cara Mengutip

Afina Fryda Heningtyas, Annis Deshinta, & Muhammad Mutaqin. (2013). Peningkatan Minat Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas III SDN Jurugentong. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 14–20. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1548