Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKN Kelas IV SDN Rejowinangun 1

Penulis

  • Ditya Ayu Lathifah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dwi Wijayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Inna Asmaraningrum SD Negeri Rejowinangun Yogyakarta

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Minat Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKN  kelas IV SDN Rejowinangun 1 menggunakan model penerapan model based  learning.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Rejowinangun 1 yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Peningkatan minat belajar siswa kelas IV terlihat dari kenaikan hasil  tes antara siklus I dan siklus II. SIklus I memperoleh nilai tes siklus I memperoleh rata-rata 70,3. Sedangkan nilai tes siklus II memperoleh rata-rata 81,8. Berdasarkan hasil nilai tes siklus I dan siklus II dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan nilai sebesar 11,5. Selain hasil tes siklus I dan siklus II, peningkatan minat belajar juga diperkuat dengan angket minat belajar siswa. Adapun hasil angket minat belajar siswa siklus I memeperoleh skor rata-rata 3,1 dengan kriteria baik.. Hasil angket minat belajar siswa siklus II memperoleh skor rata-rata 3,38 dengan kriteria sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Cara Mengutip

Lathifah, D. A., Wijayanti, D., & Asmaraningrum, I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKN Kelas IV SDN Rejowinangun 1. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 293–299. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1696

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.