PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS III SD NEGERI 3 WONOKROMO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • Hafidh Setiadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Suryati SD Negeri 3 Womokromo

Abstrak

Abstract: This research is motivated by the fact that student learning outcomes are still low in science subjects for class III SD Negeri 3 Wonokromo. This is indicated by student learning outcomes that are below the KKM. Problem Based Learning model can be an alternative to improve student learning outcomes. Therefore, researchers are interested in conducting further research on the Problem Based Learning model in improving student learning outcomes. The purpose of this study was to determine whether or not the application of the Problem Based Learning model in increasing student interest and learning outcomes in science subjects at Negeri 3 Wonokromo..

Students' interest in learning in science has increased even though there are still some students who have not shown an increase in interest in learning. The increase in the second cycle was 92% and an increase in the percentage of 20% from the first cycle or the previous cycle.While the completeness of student learning outcomes in the pre-cycle 44% while in the first cycle was 40% then increased again in the second cycle, namely 92%. Problem Based Learning learning model can increase student activity in learning.

 

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning Model.

 

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 3 Wonokromo. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang berada di bawah KKM. Model Problem Based Learning dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Wonokromo.

Minat siswa dalam belajar matematika mengalami peningkatan walaupun masih ada beberapa siswa yang belum menunjukkan peningkatan minat belajar. Peningkatan pada siklus II sebesar 92% dan peningkatan persentase sebesar 40% dari siklus I atau siklus sebelumnya. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 44% sedangkan pada siklus I sebesar 40% maka meningkat lagi pada siklus II yaitu 92%. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajat siswa dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar , Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Setiadi, H., Rezkita, S. ., & Suryati, S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS III SD NEGERI 3 WONOKROMO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/348