PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PBL SISWA KELAS V SDN KEDUNGWARU

Penulis

  • Anggoro Wahyu Setiawan 082134725757
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Teguh Susanti SD Negeri Kedungwaru

Abstrak

Berdasarkan observasi di SD Negeri Kedungwaru ditemukan bahwa motivasi belajar siswa
muatan IPA masih rendah, salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut perlu
dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa muatan IPA menggunakan model pembelajaran
problem based learning SD Negeri Kedungwaru. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kedungwaru.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kedungwaru yang berjumlah 26 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Intrumen penelitian
adalah lembar angket. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata presentase 73,41% dengan kategori cukup. Sementara pada siklus II rata-rata motivasi siswa
meningkat menjadi 83,71% dengan kategori baik. Sedangkan pada hasil belajar siklus I 65,54% sedangkan
pada siklus dua meningkat menjadi 88,46% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
muatan IPA kelas V SD Negeri Kedungwaru.
Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar, model PBL, IPA.

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Wahyu Setiawan, A., Rezkita, S., & Susanti, T. . (2022). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PBL SISWA KELAS V SDN KEDUNGWARU. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/338