UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGWARU

Penulis

  • Resti Rachmadani Mahasiswa
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Teguh Susanti SD Negeri Kedungwaru

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di SDN Kedungwaru, motivasi belajar siswa masih kurang dalam pelajaran IPA. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar yang rendah. Dari hasil observasi didapatkan 61% siswa belum mencapai KKM, dengan jumlah semua 18 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Kedungwaru. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedungwaru dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dari: (1) Berdasarkan hasil angket diperoleh bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari 67.16% menjadi 81.23%. Dengan distribusi frekuensi dari 18 siswa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dalam kategori baik 11.11% meningkat menjadi 38.89%, kategori cukup tetap yaitu 33.33%, dan kategori kurang menurun 55.56% menjadi 27.78%. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata  dari siklus I ke siklus II meningkat dari 71.68 menjadi 82.78. Dengan ketuntasan nilai siswa dari 66.67% meningkat menjadi 77.78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Kedungwaru.

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Rachmadani, R., Rezkita, S., & Susanti, T. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGWARU. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/364

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama