Meningkatkan Minat Belajar Pemahaman Kognitif Model Problem Based-Learning Berbantuan Media Konkreat Pelajaran IPAS

Penulis

  • Ferdika Ibnuariyanto Universitas Sarjawiyata Tamansiswa
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rulis Ainun Jaryah SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta

Kata Kunci:

Minat, Pembelajaran, model, Media

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar dan pembelajaran kognitif peserta didik dengan model problem based-learning berbantuan media konkreat pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SD Negeri Kotagede III yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan validitas isi, trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based-learning berbantuan media konkreat dapat meningkatkan minat belajar dan pembelajaran kognitif peserta didik pada setiap siklus. Data dari hasil pada siklus I diperoleh hasil ketuntasan klasikal pada kelas tersebut sebesar 75%, kemudian pada siklus II sebesar 83%. Hasil penelitian berdasarkan aspek motivasi 70% 80% meningkat. Aspek keterlibatan 76% 85% meningkat. Aspek ketertarikan 75% 83% meningkat. Aspek konsentrasi 70% 81% meningkat. Aspek kemandirian 76% 87% meningkat. Sehingga, rata-rata Presentase 75% 83% meningkat. Secara keseluruhan peningkatan baik dari variabel minat belajar maupun pemahaman kognitif peserta didik yang mencapai presentase 80-an% dengan kriteria sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Ibnuariyanto, F., Rezkita, S. ., & Ainun Jaryah, R. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Pemahaman Kognitif Model Problem Based-Learning Berbantuan Media Konkreat Pelajaran IPAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1226–1234. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1561

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama