Peningkatan Percaya Diri dan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning di Sekolah Dasar

Penulis

  • Fitria Anisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rulis Ainun Jaryah SD Negeri Kotagede 3, Yogyakarta

Kata Kunci:

Percaya Diri; Hasil Belajar; Project Based Learning; Pendidikan Pancasila

Abstrak

Rendahnya percaya diri siswa dapat mempengaruhi hasil belajar, sehingga tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar kelas VB SDN Kotagede 3 melalui model Project Based Learning.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian adalah siswa kelas VB SDN Kotagede 3 yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian mengacu pada desain PTK menurut Kemmis dan McTaggart (1988) yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah minimal 75% dari jumlah siswa kelas VB SDN Kotagede 3 memiliki percaya diri yang termasuk pada kategori tinggi dan/ atau sangat tinggi dan mendapatkan hasil belajar dengan nilai > 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri dan hasil belajar kelas VB SDN Kotagede 3 dapat ditingkatkan melalui model Project Based Learning. Pada siklus I, hasil observasi percaya diri siswa rata-rata sebesar 67% meningkat menjadi 84% pada siklus II, sedangkan hasil belajar pada Pelajaran Pendidikan Pancasila rata-rata mendapat nilai 73 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar kelas VB SDN Kotagede 3.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Cara Mengutip

Anisa, F., Rezkita, S., & Jaryah, R. A. (2024). Peningkatan Percaya Diri dan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning di Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1290–1306. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1575

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama