PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KARANGPULE

Penulis

  • Elly Melawati Mahasiswa
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Laras Makarti SD Negeri Karangpul

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di SDN Karangpule, keaktifan belajar siswa masih
rendah. Terlihat dari hasil observasi hanya 2 siswa yang mendapatkan kategori baik.
Dari keseluruhan persentase keaktifan 46,24% dan belum memenuhi indikator
keberhasilan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
keaktifan siswa melalui model problem based learning berbantuan media power point
pada pembelajaran tematik kelas IV. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat peningkatan keaktifan
belajar dengan hasil persentase pratindakan sebesar 46,24%, siklus satu 60,13% dan
siklus dua 74,18%. Hasil ini dikatakan berhasil karena sudah mencapai indikator
keberhasilan yaitu (>70%) pada kategori baik pada interval 61%-80%. 2) Terdapat
perbedaan hasil angket keaktifan, pada siklus satu 66,66% dan siklus dua 81,28%
dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil angket ini menunjukan tercapainya
indikator keberhasilan. 3) Meningkatnya hasil belajar siswa, terlihat dari rata-rata nilai
siklus satu 60,47 dengan presentase 41,17% dan rata-rata nilai siklus dua 79,52 dengan
presentase 76,47%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan media power point dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Kata Kunci: Keaktifan; Problem Based Learning; Tematik

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Melawati, E., Rezkita, S., & Makarti, . L. . (2022). PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KARANGPULE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/361

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama