Peningkatan Percaya Diri dan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning di Sekolah Dasar

Authors

  • Fitria Anisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rulis Ainun Jaryah SD Negeri Kotagede 3, Yogyakarta

Keywords:

Percaya Diri; Hasil Belajar; Project Based Learning; Pendidikan Pancasila

Abstract

Rendahnya percaya diri siswa dapat mempengaruhi hasil belajar, sehingga tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar kelas VB SDN Kotagede 3 melalui model Project Based Learning.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian adalah siswa kelas VB SDN Kotagede 3 yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian mengacu pada desain PTK menurut Kemmis dan McTaggart (1988) yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah minimal 75% dari jumlah siswa kelas VB SDN Kotagede 3 memiliki percaya diri yang termasuk pada kategori tinggi dan/ atau sangat tinggi dan mendapatkan hasil belajar dengan nilai > 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri dan hasil belajar kelas VB SDN Kotagede 3 dapat ditingkatkan melalui model Project Based Learning. Pada siklus I, hasil observasi percaya diri siswa rata-rata sebesar 67% meningkat menjadi 84% pada siklus II, sedangkan hasil belajar pada Pelajaran Pendidikan Pancasila rata-rata mendapat nilai 73 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar kelas VB SDN Kotagede 3.

Published

2024-01-04

How to Cite

Anisa, F., Rezkita, S., & Jaryah, R. A. (2024). Peningkatan Percaya Diri dan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning di Sekolah Dasar. SEMNAS PPG UST, 2(1), 1290–1306. Retrieved from https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1575

Most read articles by the same author(s)