Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Papan Jurang Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2

Penulis

  • Elfia Ayu Rosiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Retno Utaminingsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Novi Kristiani SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, Media Papan Jurang, Pengurangan, Penjumlahan, Sekolah Dasar

Abstrak

Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Papan Jurang Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media papan jurang pada siswa kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Negeri Suryodiningratan 2, Yogyakarta yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi siswa untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran pada setiap pertemuan, lembar tes hasil belajar dengan menggunakan soal tertulis yang digunakan sebagai alat evaluasi kegiatan pembelajaran yang diberikan pada akhir pembelajaran pada setiap siklusnya, dan pengambilan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media papan jurang pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2, Yogyakarta. Saat belum diberikan tindakan, nilai pembelajaran matematika siswa kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2, Yogyakarta hanya 8 (34,78%) siswa yang mencapai KKM. Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebanyak 11 (47,82%) siswa yang mencapai KKM. Dan pada siklus II sebanyak 19 (82,60%) berhasil mencapai nilai ketuntasan. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 63,91 menjadi 77,39.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Rosiana, E. A., Utaminingsih, R., & Kristiani, N. (2023). Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Papan Jurang Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2 . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 926–935. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1615

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama