Upaya Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar IPAS Materi Sifat-sifat Cahaya dan Bunyi Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V

Penulis

  • umar said universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Retno Utaminingsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Novi Kristiani SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil belajar, Minat belajar, Metode eksperimen, Pembelajaran IPAS.

Abstrak

Minat belajar memiliki kaitan yang erat dengan hasil belajar, Minat belajar yang rendah dapat mengakibatkan rendahnya keberhasilan siswa dalam belajar di sekolah. Kurangnya minat belajar akan melemahkan hasil belajar sehingga mempengaruhi hasil akhir ketuntasan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan minat belajar IPAS peserta didik kelas V di SDN Suryodiningratan 2 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada pada materi sifat-sifat cahaya dan bunyi.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar IPAS peserta didik kelas V menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 14 peserta didik kelas V SD Negeri Suryodiningratan 2 di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan angket. Validitas data diuji dengan validitas isi sumber dan teknik triangulasi. Teknik deskriptif komparatif dan model interaktif Miles Huberman digunakan sebagai teknik analisis data.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPAS sifat-sifat Cahaya dan bunyi. Pada kegiatan prasiklus sebelum menggunakan eksperimen nilai rata-rata belajar peserta didik sebesar 64,3. Siklus I setelah diberi tindakan dengan menggunakan metode eksperimen nilai rata-rata sebesar 67,8 dengan perolehan skor minat belajar 53,4%. Pada siklus II mengalami peningkatan pada hasil belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata 85,4 dengan perolehan nilai presentase minat belajar 85,6%. Disimpulkan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik materi sifat-sifat Cahaya dan bunyi mata Pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta.

Kata kunci : Hasil belajar, Minat belajar, Metode eksperimen, Pembelajaran IPAS.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

said, umar, Utaminingsih, R., & Kristiani, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar IPAS Materi Sifat-sifat Cahaya dan Bunyi Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 976–983. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1728

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama