Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar IPAS Materi Keberagaman Menggunakan Media Spinning Wheel Pada Peserta Didik Kelas IV

Penulis

  • Leylii Hikmawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Retno Utaminingsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Novi Kristiani SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas IV IPAS di Yogyakarta menggunakan media spinning wheel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2 di Yogyakarta tahun ajaran 2023 / 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan angket. Validitas data diuji dengan validitas isi sumber dan teknik triangulasi. Teknik deskriptif komparatif dan model interaktif Miles Huberman digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran yang konkret yaitu spinning wheel dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran IPAS Keberagaman. Pada kegiatan prasiklus sebelum menggunakan media konkret spinning wheel nilai rata-rata belajar peserta didik sebesar 45,08%. Siklus I setelah diberi tindakan dengan menggunakan media pembelajaran spinning wheel nilai rata-rata sebesar 67,70% dan pada siklus II mengalami peningkatan pada hasil belajar dan minat belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata 71,55%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran spinning wheel dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik pada materi keberagaman kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta.

Kata Kunci: Hasil belajar dan Minat belajar, media pembelajaran spinning wheel, Pembelajaran IPAS.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Hikmawati, L., Utaminingsih, R., & Kristiani, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar IPAS Materi Keberagaman Menggunakan Media Spinning Wheel Pada Peserta Didik Kelas IV. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1216–1225. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1733

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama