UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 SDN 3 WONOKROMO ALIAN KEBUMEN

Seminar Nasional_Mukhtar Rosidin

Penulis

  • Mukhtar Rosidin 083124337180
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Suryati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Minat, Prestasi Belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Abstract

This research is a Classroom Action Research. Before taking action, students fill out a questionnaire that is used to determine interest in learning thematic learning. The research data were obtained from the results of the questionnaire before learning, the results of the questionnaire after the first cycle and the results of the questionnaire after the second cycle The research instrument is a learning interest questionnaire. The validity test of the questionnaire instrument using the Product Moment, correlation obtained 19 valid items and 1 item failed, and the reliability test using the alpha formula obtained r_11= 0.935. Techniques Data analysis used descriptive analysis techniques to determine the percentage increase in interest in learning Problem Based Learning model in thematic learning can increase students' interest in learning which is carried out in two cycles, namely cycle I and cycle il. Based on the results of the study, the average student interest in the first cycle was 43.47 with moderate qualifications and increased in the second cycle with an average of 52.43 with high qualifications. So the use of the Problem Based Learning model can increase students interest in learning in thematic learning in fourth grade students of SD Negeri 3 Wonokromo Alian Kebumen

Keywords: Interest, Learning Achievement, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sebelum dilakukan tindakan, siswa mengisi angket yang digunakan untuk mengetahui minat belajar pembelajaran tematik. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil angket sebelum pembelajaran, hasil angket setelah siklus I dan hasil angket setelah siklus II. Instrumen penelitian ini adalah angket minat belajar. Uji validitas instrumen angket menggunakan korelasi Product Moment diperoleh 19 butir item valid dan 1 butir soal gugur, dan uji reliabilitas mengunakan rumus alpha diperoleh  = 0,935. Teknik Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui persentase peningkatan minat belajar.

Model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata minat siswa pada siklus I sebesar 43,47 dengan kualifikasi sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 52,43 dengan kualifikasi tinggi. Jadi penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokromo Alian Kebumen.

Kata kunci: Minat, Prestasi Belajar, Problem Based Learning     

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Rosidin, M., Rezkita, S. ., & Suryati, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 SDN 3 WONOKROMO ALIAN KEBUMEN: Seminar Nasional_Mukhtar Rosidin. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/356