Efektifitas Penerapan Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Slamet Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nurul Fitriyanti
  • Nadziroh

Kata Kunci:

Matematika, Minat belajar siswa, problem based learning (PBL)

Abstrak

Masalah yang ditemukan pada saat observasi yaitu rendahnya minat belajar dan hasil belajar yang rendah pada mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Mendeskripsikan penerapan model problem based learning (PBL). 2) untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SDN 1 Cepedak yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 13 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. langkah-langkah problem based learning (PBL) 1) Orientasi siswa pada masalah, 2) Mengorganisasi siswa untuk belajar. 3) Membimbing pengalaman individu atau kelompok. 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pada pra tindakan hasil belajar siswa mendapat rata-rata 71. Pada siklus I mendapatkan rata-rata 74, lalu pada siklus II mendapatkan rata-rata 82 hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang baik karena dari pratindakan sampai siklus II mengalami kenaikan terus. Sedangkan untuk minat belajar siswa pada pratindakan mendapatkan rata-rata 63,4 kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 74% dan pada siklus II mendapatkan rata-rata 84% hal tersebut menunjukan bahwa dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan baik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Widodo, S., Fitriyanti, N., & Nadziroh. (2023). Efektifitas Penerapan Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 555–561. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1674