Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPAS melalui Metode Praktikum pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Wates Tahun Ajaran 2023/2024

Penulis

  • Agri Aryoko Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nadziroh

Kata Kunci:

Hasil belajar kognitif, IPAS, metode praktikum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif selama proses pembelajaran IPAS menggunakan metode praktikum pada siswa kelas IV SD Negeri2 Wates, Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dengan desain mengacu pada Kemmis and Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Wates yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan yaitu 75% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada setiap siklus. Hasil belajar kognitif siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran yang dilakukan dengan metode praktikum untuk mempermudah siswa dalam belajar. Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV dalam pembelajaran IPAS dapat dilihat dari mengingkatnya jumlah peserta didik yang melebihi nilai ketuntasan dan meningkatnya nilai rata-rata kelas. Rata-rata hasil belajar IPAS juga terus mengalami kenaikan, pada pra siklus rata-ratanya 55,11 meningkat pada siklus I menjadi 81,11 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 82,89.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Aryoko, A., & Nadziroh. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPAS melalui Metode Praktikum pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Wates Tahun Ajaran 2023/2024. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1490–1501. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1750