Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas III melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL)

Penulis

  • Endah Wahyu Saputri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nadziroh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Timur Irianti SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo

Kata Kunci:

hasil belajar kognitif, kelas III SD, model PjBl, pembelajaran tematik

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III melalui model Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas III SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain mengacu pada Kemmis and Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Wates yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data dengan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan yaitu 75% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil belajar kognitif dapat dilihat melalui hasil tes, yaitu pada siklus I sebanyak 20 siswa dengan persentase 71,45% dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 26 siswa dengan persentase 92,85% pada siklus II  dari keseluruhan 28 siswa, dengan peningkatannya sebesar 21,4% sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 74,46 mengalami kenaikan pada siklus II sebesar 83,39”. 

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Wahyu Saputri, E., Nadziroh, & Irianti, T. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas III melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 505–520. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1772