Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Muatan PPKn dengan Model Pembelajaran Problem Based Leraning

Penulis

  • Dini Nur setyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dwi Wijayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Inna Asmaraningrum SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta

Kata Kunci:

motivasi belajar mobel pembelajaran Problem Based Learning; PPKn.

Abstrak

Berdasarkan observasi di SD Negeri Rejowinangun 1 diketahui bahwa motivasi belajar siswa dengan muatan PPKn rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah perlunya mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III pada materi pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Rejowinangun 1. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIIC SD Negeri Rejowinangun 1 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dianalisis dengan menggunakan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian yang dilakukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada Siklus I dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 73,41. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 83,72. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan pembelajaran PPKn kelas IIIC SD Negeri Rejowinangun 1.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

setyani, D. N., Wijayanti, D., & Asmaraningrum, I. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Muatan PPKn dengan Model Pembelajaran Problem Based Leraning . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1005–1011. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1586

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama